Selasa, 8 November 2022, LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menerima kunjungan dari LPPM Universitas Trunojoyo Madura yang disambut oleh Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) dan Unit Pelaksana Publikasi Internasional (UPPI). Kunjungan ini berkaitan dengan keinginan LPPM dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk sharing dan belajar pengelolaan jurnal dan publikasi internasional di lingkungan UNS.

Acara dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T., Sekretaris LPPM UNS, yang berkesempatan memberikan sambutan selaku perwakilan dari Ketua LPPM yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Prof. Syamsul Hadi menyampaikan bahwa LPPM UNS menyambut baik kunjungan Universitas Trunojoyo Madura kaitannya dengan diskusi mengenai jurnal dan publikasi. Diketahui bersama bahwa saat ini tuntutan publikasi oleh Dosen sebagai peneliti sangat berat dan terus meningkat. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat menjadi poros baru untuk mendorong dosen-dosen di UNS bekerjasama dan berkolaborasi dalam penelitian dan pengabdian dengan perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta terutama Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB), atau perguruan tinggi yang masih BLU.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala UPPJ, Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., yang menyampaikan bahwa UNS dan UTM sangat berpotensi untuk bekerjasama dalam hal publikasi dan manajemen pengelolaan jurnal. Mengingat saat ini UNS telah memiliki unit yang bertugas mengelola jurnal di lingkungan UNS di bawah LPPM. Pengelolaan jurnal oleh UPPJ mendapat dukungan dari pimpinan dalam bentuk SK rektor. Dalam membentuk sebuah unit, perlu adanya koordinator dan sekretaris yang menjadi penghubung progres kerja unit dengan pimpinan. UPPJ sendiri memiliki 3 bidang yang mendukung program kerjanya. Pertama, Bidang IT dan OJS yang memfasilitasi website jurnal, kedua adalah Bidang Akreditasi Nasional yang bertanggung jawab dalam pengajuan akreditasi baru dan re-akreditasi nasional, dan terakhir adalah Bidang Indeksasi Internasional yang memfasilitasi jurnal yang menuju internasional. Program kerja UPPJ UNS sudah sejalan dengan Pedoman akreditasi terbaru yang dirancang untuk mendukung jurnal-jurnal di Indonesia menuju internasional.

Pertemuan kali ini juga membahas mengenai manajemen naskah untuk publikasi internasional yang disampaikan oleh Unit Pelaksana Publikasi Internasional (UPPI). Dr. Muhammad Cahyadi, selaku Sekretaris UPPI menyampaikan bahwa UNS juga memberikan fasilitas kepada dosen terutama peneliti di lingkungan UNS dalam hal pendampingan untuk membuat naskah publikasi yang tujuan akhir adalah dapat diterima dan diterbitkan di jurnal-jurnal luar negeri, terutama jurnal yang bereputasi baik. Pentingnya pendampingan manajemen naskah publikasi ini berkaitan dengan dukungan penuh oleh universitas dalam membangun kebiasaan bagi dosen dan peneliti menjadi penulis yang baik.

Sejalan dengan pemaparan dari UNS, Dr. Tatag Handaka, S.Sos., M.Si., Ketua Pengabdian LPPM UTM menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke UNS adalah untuk belajar mengenai pengelolaan jurnal yang baik dan efisien, serta bagaimana strategi sebuah jurnal agar dapat bereputasi internasional. Hal ini berkaca dari UPPJ LPPM UNS yang telah berhasil menghantarkan 3 jurnal untuk terindeks SCOPUS. Sebagai penutup, Dr. Tatag bercerita bahwa pengelolaan jurnal di UTM masih terpecah-pecah di bawah masing-masing fakultas. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan kunjungan ini dapat memperoleh gambaran bagaimana cara UNS mengelola lebih dari 100 jurnal dengan sitem terpusat, lebih jauh lagi Dr. Tatag berharap dapat menggandeng UNS untuk bekerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian.