Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan pertemuan lanjutan dalam agenda “Penilaian Akreditasi Jurnal Ilmiah UNS ke ARJUNA periode Maret 2022” pada tanggal 28 s.d. 29 Maret 2022 yang bertempat di UNS Inn. Kegiatan kali ini dilaksanakan dengan mengundang delapan pengelola jurnal UNS yang akan mengajukan akreditasi jurnal ilmiah baru maupun reakreditasi jurnal ilmiah yang masa berlaku segera habis. Empat jurnal direncanakan akan mengajukan reakreditasi, diantaranya yaitu IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics), SEPA (Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis), Teknodika, dan IJCEE (Indonesian Journal of Civil Engineering Education). Empat jurnal yang lain, Desa Kota, Smart Society Empowerment Journal, JEEICT (Journal of Electrical, Electronic, Information, and Communication Technology) dan Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, menjadi jurnal yang akan mengajukan akreditasi baru.

Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., selaku Ketua UPPJ dalam sambutannya menyampaikan bahwa serangkaian agenda yang rencananya akan dilaksanakan setiap bulan oleh Tim UPPJ ini bertujuan untuk mendukung jurnal-jurnal di lingkungan UNS yang saat ini didominasi oleh peringkat 4 dan 5 di SINTA untuk bisa meningkatkan peringkat akreditasi nasional sekaligus meraih indeksasi internasional. Sejalan dengan sambutan dari Ketua UPPJ, Mohtar Yunianto, S.Si., M.Si., selaku Koordinator Bidang Akreditasi Nasional UPPJ UNS sekaligus sebagai narasumber penilaian jurnal di UNS menambahkan, “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menghasilkan peningkatan peringkat akreditasi jurnal atau minimalnya naik satu peringkat. Setelah sebelumnya dalam periode Februari, Tim UPPJ telah berhasil mendampingi 11 jurnal di UNS mengajukan akreditasi ke ARJUNA”.

Penilaian akreditasi jurnal dilaksanakan dalam 2 batch. Batch pertama dilaksanakan pada hari Senin, 28 Maret 2022 dan berhasil mengajukan 4 jurnal ke ARJUNA, antara lain: IJAI dengan nilai evaluasi diri 68,5 (Reakreditasi dari SINTA 4 ke SINTA 3), SEPA nilai evaluasi diri 79 (Reakreditasi dari SINTA 3 ke SINTA 2), Teknodika dengan nilai evaluasi diri 80 (Reakreditasi dari SINTA 4 ke SINTA 2) dan Habitus nilai evaluasi diri 69 (Akreditasi baru SINTA 3). Sedangkan batch kedua dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Maret 2022 dengan menghadirkan para pengelola dari 4 jurnal terpilih, antara lain: JEEICT dengan nilai evaluasi diri 61,5 (Akreditas baru SINTA 3), Desa Kota nilai evaluasi diri 68,5 (Akreditasi baru SINTA 3), sedangkan dua jurnal lain yaitu Smart Society Empowerment Journal, dan IJCEE (Indonesian Journal of Civil Engineering Education) belum bisa mengajukan akreditasi dikarenkan belum memenuhi syarat administratif yang ditentukan.